8 Desain Partisi Ruangan Kreatif

Ingin punya ruangan multifungsi dan terkesan luas, tapi tetap mau mengedepankan privasi? Partisi ruangan adalah solusi yang paling ideal. Partisi ruangan merupakan pilihan yang paling cocok untuk kamu yang mau menyekat ruangan-ruangan di rumah tapi tidak secara permanen. Hal ini berarti jika sewaktu-waktu butuh ruangan yang luas untuk acara keluarga maupun lainnya, kamu bisa dengan mudah membuka ataupun memindahkan partisi ruangan tersebut.

Oleh karena praktis dan tingkat fungsionalnya tinggi, banyak orang yang memilih partisi ruangan buatan sebagai alternatif dari tembok. Apa kamu salah satunya? Jika ya, di sini Kania akan bahas 8 desain partisi ruangan kreatif. Yuk, disimak!

Rangkaian pintu kawat bisa jadi partisi ruangan yang unik

Punya beberapa pintu kawat yang kini tidak terpakai dirumahmu? Jadikan pintu-pintu kawat tersebut sebagai partisi ruangan yang unik. Rangkai dua atau tiga pintu dan sambungkanlah dengan engsel. Butuh kreatifitas dan ketelitian yang tinggi untuk membuat partisi ruangan dengan bahan ini. Tapi hasilnya pasti tidak akan mengecewakanmu, sebab partisi ruangan ini bisa langsung membuat ruangan kamu terlihat beda dan sangat menarik.

Letakanlah foto-foto dari jepretan polaroidmu di rangkaian pintu kawat ini. Partisi ruangan ini bisa dipersonalisasi sesuai dengan keinginanmu. Mau pasang lampu-lampu tumblr di partisi ruangan kawat ini? Boleh banget!

Gorden atau tirai, ide partisi hemat budget

Untuk kamu yang lagi minim budget tapi mau membangun sekat pada ruangan, memakai gorden adalah pilihan paling cocok. Tidak perlu beli gorden baru, kamu hanya perlu membeli rail besi gorden yang bentuknya disesuaikan dengan ukuran ruang. Untuk kesan netral, kamu bisa pilih gorden dengan warna hitam ataupun putih polos. Nah, untuk kamu yang suka dengan gaya shabby chic, gorden dengan motif floral atau warna-warna pastel tentu bisa membuat partisi ruangan biasa menjadi semakin cantik.
Rak buku sebagai partisi ruangan yang multifungsi

Partisi ruangan nyatanya tidak perlu harus selalu baru ataupun mahal. Kamu bisa juga memanfaatkan rak buku sebagai penyekat antara ruang keluarga dan ruang tamu maupun ruang lainnya. Selain sebagai tempat menaruh koleksi buku atau mainan kesayanganmu, rak buku juga bisa dijadikan sebagai partisi ruangan yang tak kalah menarik dibandingkan dengan partisi ruangan pada umumnya.

Partisai ruangan yang satu ini juga cocok sekali jika diaplikasikan di apartemen tipe studio atau rumah tipe 45. Agar koleksimu tetap terjaga dengan awet dan apik, kamu juga bisa memberi pintu kaca pada rak tersebut.
Manfaatkan tanaman untuk partisi ruangan ramah lingkungan

Tanaman hias indoor ternyata bisa juga loh dimanfaatkan sebagai partisi ruangan. Selain fungsinya untuk menyegarkan udara dalam rumah kamu, tanaman hias juga bisa dijadikan penyekat manis antar ruangan. Tidak mau repot dalam urusan perawatan? Kamu bisa membeli bunga-bunga palsu yang banyak di jual dipasaran maupun toko dekorasi rumah online.

Meskipun biasanya tanaman tidak dapat sepenuhnya menutupi ruang, tetapi tumbuhan hijau ini tetap dapat berfungsi sebagai salah satu sekat ruangan yang membedakan ruang satu dengan lainnya.

Oh iya, partisi ruangan dengan tanaman ini juga bisa diletakan di rak serbaguna. Unsur kayu dan hijaunya tanaman tentu bisa menjadi partisi ruangan yang unik di rumah kamu.

Daur ulang kreatif dari botol plastik

Untuk kamu yang kreatif dan sayang lingkungan, kamu bisa coba nih mendaur ulang botol plastik untuk partisi ruangan di rumah. Untuk mendapatkan partisi ruang yang simetris, pastikan bahwa semua botol yang kamu mau pasang berukuran sama. Susunlah panel dari semua botol ini secara vertikal dan sambungkan setiap botol dengan kawat agar dapat berdiri tegak.

Selain disambungkan dengan kawat, kamu juga bisa menggunakan rak kayu yang jarak bantalannya sama dengan tinggi botol. Memanfaatkan botol plastik sebagai partisi ruangan bisa dibilang masih terhitung jarang di Indonesia, jadi untuk kamu yang mau memberi kesan unik di rumah, bisa mencoba gaya ini.
Partisi ruangan dari kayu serbaguna

Kayu merupakan elemen yang sering digunakan sebagai partisi ruangan terutama untuk home lovers yang suka dengan kesan alam. Kamu bisa membeli kayu bekas yang kemudian dipernis ulang agar terlihat baru dan juga tahan lama.

Partisi ruangan kayu ini cocok sekali jika dipasang sebagai pembatas antara ruang makan dan ruang keluarga. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasang bingkai-bingkai foto atau bahkan tanaman gantung pada partisi kayu tersebut agar ruangan terlihat jauh lebih menarik.
Bambu sebagai partisi ruangan alternatif

Selain kayu, kamu juga bisa memanfaatkan bambu sebagai partisi ruangan. Rumah-rumah dengan gaya oriental yang kental biasanya lebih memilih bambu dibandingkan dengan kayu sebagai partisi ruangan. Susunlah beberapa bambu sedikitnya 10 batang secara acak maupun teratur sesuai dengan preferensi kamu.

Agar bambu tidak jatuh, kamu bisa menyangganya dengan kawat di ujung bambu yang kemudian di sambungkan ke papan kayu abaik di atas maupun di bawah. Batu-batu alam di bantalan bawah kayu juga dapat menghidupkan kesan ruangan yang natural dan alami.

Partisi dari boks atau krat kayu yang serbaguna

Boks atau krat kayu yang biasa digunakan sebagai tempat telur atau minuman botol beling juga bisa loh diubah menjadi partisi ruangan. Untuk membangun partisi ruangan dari krat kayu, kamu harus bisa menyesuaikan terlebih dahulu kira-kira model seperti apa yang akan kamu pasang. Sebab, bentuk dan tinggi partisi ruangan ini akan pula menentukan jumlah krat kayu yang dibutuhkan.

Selain unik, partisi ruangan dengan bahan krat kayu ini juga bisa dibilang fleksibel. Sebab kamu bisa dengan mudah mengubah-ubah model dan bahkan memindahkannya sesering mungkin.

Nah, beberapa desain partisi ruangan di atas merupakan contoh yang membuktikan kalau partisi ruangan atau desain sekat ruangan tidak harus monoton. Dengan kreativitas, partisi ruangan yang hemat budget itu mungkin, kok!

Partisi ruangan mana yang jadi favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *