3 Langkah Membersihkan Lapisan Lantai Sebelum Proses Epoxy

Belakangan, lapisan epoxy (epoksi) makin banyak digunakan untuk lapisan lantai, karena pelapisan epoksi yang berkualitas bisa membuat lantai bertahan lebih lama dan tidak perlu diganti setiap beberapa tahun. Walau pada awalnya lebih mahal, tetapi dalam jangka panjang akan menghemat uang Anda.
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam membuat lapisan lantai ini. Berikut tahapannya:

1.Mempersiapkan lantai


Penilaian visual dapat memberi gambaran umum tentang kondisi lantai Anda, tetapi sering ada masalah tersembunyi yang harus dicegah sebelum terlambat. Pastikan mengambil langkah yang tepat untuk menyiapkan lantai sebelum membuat aplikasi epoksi akan menjamin pekerjaan cat yang tahan lama.
Pertama-tama, bersihkan seluruh permukaan lantai, baik dengan pembersihan uap maupun degreasing pelarut atau abrasi mekanis.

2.Pastikan permukaannya kering


Jika Anda menaruh lapisan epoksi di atas lantai yang lembap, kelebihan cairan yang terperangkap di bawah cat dapat menyebabkan terik, mengelupas, dan perubahan warna. Kesalahan umum adalah mengecat lantai baru setelah lantai ditinggalkan sebelum benar-benar kering.
Rata-rata permukaan beton baru harus selalu diletakkan selama lebih dari 28 hari per inci sebelum proses epoksi dilakukan. Untuk area yang lebih luas ini bisa lebih lama. Kelembaban juga bisa menjadi masalah untuk lantai yang lebih tua seperti lantai gudang. Jika ini kasusnya, Anda harus mempertimbangkan dalam meletakkan selaput cairan anti lembap untuk menghindari masalah di masa depan.
Untuk memastikan lantai tidak basah, kami sarankan menggunakan meteran kelembapan. Meteran harus menunjukkan kelembaban tidak lebih dari empat persen. Jika Anda tidak bisa mendapatkan alat pengukur kelembapan, metode uji alternatif adalah dengan merekatkan area plastik yang kedap air di atas bagian lantai atau meletakkan alas karet dan biarkan selama minimal 24 jam. Jika ada kelembapan, tunggu sampai kering.

3.Permukaannya harus disiapkan dengan benar


Metode yang ideal untuk persiapan permukaan adalah dengan menggunakan vakum. Metode ini didasarkan pada prinsip pengeringan pasir atau baja berkecepatan tinggi dalam aliran udara, dengan tujuan menghilangkan lapisan longgar atau rapuh, seperti laitance semen.
Sebagai alternatif, mesin gerinda permukaan dapat digunakan. Cara ini memiliki keuntungan tambahan untuk meratakan profil permukaan lantai dan menghilangkan residu perekat fleksibel, yang cenderung sulit untuk dihilangkan hanya dengan cara biasa. Kedua jenis mesin ini dapat disewa. Namun, jika pekerjaannya besar Anda mungkin lebih suka menyewa kontraktor secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *